Jumat, 23 Oktober 2009

Reproduksi Tumbuhan Berbiji

Reproduksi Tumbuhan Berbiji Secara Generatif:
Bunga : Terdiri dari Pedicellus, receptacel, kaliks, Korolla, Pistillum, Stamen..
Polinasi : serbuk sari melekat diatas kepala putik. Dibedakan Anemogami, Hidrogami, Entamogami, Zoidiogami, Malakogami, Arthropogami. Autogami, Geitonogami, Allogami, Bastar.
Pembuahan :
1. Pertumbuhan serbuk sari di atas kepala putik : Serbuk sari di atas kepala putik mengisap gula berkecambah , meluruh inti vegetatif membuat buluh serbuk sari dan inti generatif belah jadi 2 generatif 1 dan 2
2. Pembentukan inti sel telur di bakal biji : terbentuk 8 inti sel yaitu 1 inti sel telur, 2 inti sinergid, 2 inti polar, 3 inti antipoda.
3. Fertilisasi : inti generatif 1 membuahi inti polar hasilnya endosperm.Inti generatif 2 membuahi inti sel telur hasilnya zigot.
Karena terjadi 2 macam fertilisasi maka disebut PEMBUAHAN GANDA
Pembuahan Tunggal : Terjadi satu macam fertilisasi yaitu masing masung inti generatif membuahi inti sel telur hasilnya 2 zigot..........
Tugas untuk Kelas IX SMP Xaverius I Jambi
Berikan Penjelasan dari salah satu tanaman tumbuhan berbiji dan kaitkan dengan reproduksinya.......Kerjakan perorangan ditulis di komentar blok atau di pesan fb atau ke email

65 komentar:

  1. Oscar Kokonugroho Lumban Tobing
    Kelas IX B. Absen 27.

    Tumbuhan berbiji terbagi atas dua, tumbuhan berbiji tertutup dan tumbuhan berbiji terbuka. Tumbuhan berbiji tertutup adalah tumbuhan yang bijinya terdapat di bakal buah. Lain halnya dengan tumbuhan berbiji terbuka yang bijinya tidak tertutup oleh bakal buah. Selain itu, alat perkembangbiakan tumbuhan biji terbuka berbentuk kerucut yang disebut strobilus atau runjung, alat kelaminnya terpisah, serbuk sari terdapat dalam strobilus jantan dan sel telur terdapat dalam strobilus betina. Sedangkan tumbuhan biji tertutup memiliki bunga sejati dengan perhiasan bunga berupa kelopak dan mahkota bunga dan alat perkembangbiakannya berupa putik dan benang sari.

    Sumber : http://www.e-dukasi.net

    BalasHapus
  2. Nama:Sutini Susandy
    Kelas:9 B
    No.abs:36
    Contoh tumbuhan berbiji:
    Rambutan
    Rambutan umumnya berwarna merah dan ukuran tidak besar serta memiliki rambut-rambut di kulitnya.Rambutan banyak ditanam sebagai pohon buah, kadang-kadang ditemukan tumbuh liar.Bunga jantan dan bunga betina tumbuh terpisah dalam satu pohon. Buah bentuknya bulat lonjong, panjang 4-5 cm, dengan duri tempel yang bengkok, lemas sampai kaku. Kulit buahnya berwarna hijau, dan menjadi kuning atau merah kalau sudah masak. Dinding buah tebal. Biji bentuk elips, terbungkus daging buah berwarna putih transparan yang dapat dimakan dan banyak mengandung air, rasanya bervariasi dari masam sampai manis. Kulit biji tipis berkayu. Rambutan berbunga pada akhir musim kemarau dan membentuk buah pada musim hujan, sekitar November sampai Februari. Ada banyak jenis rambutan, seperti ropiah, simacan, sinyonya, lebakbulus, dan binjei. Perbanyakan dengan biji, tempelan tunas, atau dicangkok.Rambutan dapat diperbanyak melalui biji, cangkokan, okulasi, penyusuan. Tanaman yang berasal dari biji akan berbuah setelah 8 tahun, sedang yang berasal dari perbanyakatan vegetatif (okulasi, sambung) berbunga setelah 4 tahun.

    BalasHapus
  3. Nama: Vincent Valiant
    Kelas/No.: 9C/32

    Mangga

    Bunga pada tanaman mangga biasanya bertangkai pendek, jarang sekali yang bertangkai panjang, dan berbau harum. Kelopak bunga biasanya berjumlah 5; demikian juga mahkota bunga terdiri dari 5 daun bunga, tetapi kadang-kadang ada yang 4 sampai 8. Warnanya kuning pucat, sedangkan pada bagian tengah terdapat garis timbul berjumlah 3 sampai 5 yang warnanya sedikit tua. Bagian tepi daun mahkota berwarna putih. Pada waktu akan layu, warna mahkota bunga tadi menjadi kemerahan.

    Benang sari berjumlah 5 buah, tetapi yang subur hanya satu atau dua buah sedangkan yang lainnya steril. Benang sari yang subur biasanya hampir sama panjang dengan putik, yakni kira-kira 2 mm, sedangkan yang steril lebih pendek. Kepala putik berwarna kemerah-merahan dan akan berubah warna menjadi ungu pada waktu kepala sari membuka untuk memberi kesempatan kepada tepung sari yang telah dewasa untuk menyerbuki kepala putik. Bentuk tepung sari biasanya bulat panjang, lebih kurang 20-35 mikron.

    Bakal buahnya tidak bertangkai dan terdapat dalam suatu ruangan, serta terletak pada suatu piringan. Tangkai putik mulai dari tepi bakal buah dan ujungnya terdapat kepala putik yang bentuknya sederhana. Dalam suatu bunga kadang-kadang terdapat tiga bakal buah.
    Tanaman mangga yang ketika menjadi tanaman muda tidak menghasilkan bunga dan buah, setelah beberapa tahun ditumbuhkan, dapat menghasilkan bunga dan buah Yang bertujuan untuk perkembangbiakan dan reproduksi. Proses ini tidak dapat diukur karena kematangan seksual tanaman mangga tadi dapat berbeda - beda antara satu individu dengan individu lain, tergantung dari faktor yang mempengaruhi.

    BalasHapus
  4. Nama : Novi
    Kelas/No : 9B/25


    Belimbing

    Buah belimbing berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hijau. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C. Salah satu jenis dari belimbing, yang disebut belimbing wuluh, sering digunakan untuk bumbu masakan, terutama untuk memberi rasa asam pada masakan.

    Salah satu wilayah yang terkenal akan produksi belimbing adalah Demak, Jawa Tengah. Belimbing Demak terkenal berukuran besar, warnanya kuning cerah dan rasanya manis.
    Jenis Belimbing
    Belimbing wuluh, belimbing sayur atau belimbing asam adalah sejenis pohon kecil yang diperkirakan berasal dari kepulauan Maluku, dan dikembangbiakkan serta tumbuh bebas di Indonesia, Filipina, Sri Lanka dan Myanmar. Tumbuhan ini biasa ditanam di pekarangan untuk diambil buahnya. Buahnya yang memiliki rasa asam sering digunakan sebagai bumbu masakan dan campuran ramuan jamu.

    Pohon ini memiliki daun majemuk yang panjangnya dapat mencapai 50 cm, bunga berwarna merah muda yang umumnya muncul di ujung dahan. Pohon ini bercabang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai 5 m. Tidak seperi tanaman tropis lainnya, pohon belimbing tidak memerlukan banyak sinar matahari. Penyebaran pohon belimbing sangat luas, karena benihnya disebarkan oleh lebah.
    Sedangkan, Pohon tahunan dengan tinggi dapat mencapai 5-10m. Batang utamanya pendek dan cabangnya rendah. Batangnya bergelombang (tidak rata). Daunnya majemuk, berselang-seling, panjang 30-60 cm dan berkelompok di ujung cabang. Pada setiap daun terdapat 11 to 37 anak daun yang berselang-seling atau setengah berpasangan. Anak daun berbentuk oval.

    Bunganya kecil, muncul langsung dari batang dengan tangkai bunga berambut. Mahkota bunga lima, berwarna putih, kuning atau lila. Buahnya elips hingga seperti torpedo, panjangnya 4-10cm. Warna buah ketika muda hijau, dengan sisa kelopak bunga menempel di ujungnya. Jika buah masak berwarna kuning atau kuning pucat. Daging buahnya berair dan sangat asam (bervariasi hingga manis sebetulnya). Kulit buah berkilap dan tipis. Bijinya kecil (6mm), berbentuk pipih, dan berwarna coklat, serta tertutup lendir.

    BalasHapus
  5. JERUK

    Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya.
    Sebutan "jeruk" kadang-kadang juga disematkan pada beberapa anggota marga lain yang masih berkerabat dalam suku yang sama, seperti kingkit. Dalam bahasa sehari-hari, penyebutan "jeruk" atau "limau" (di Sumatra dan Malaysia) seringkali berarti "jeruk keprok" atau "jeruk manis". Di Jawa, "limau" (atau "limo") berarti "jeruk nipis".
    Jeruk sangatlah beragam dan beberapa spesies dapat saling bersilangan dan menghasilkan hibrida antarspesies ('interspecific hybrid) yang memiliki karakter yang khas, yang berbeda dari spesies tetuanya. Keanekaragaman ini seringkali menyulitkan klasifikasi, penamaan dan pengenalan terhadap anggota-anggotanya, karena orang baru dapat melihat perbedaan setelah bunga atau buahnya muncul. Akibatnya tidak diketahui dengan jelas berapa banyak jenisnya. Penelitian-penelitian terakhir menunjukkan adalah keterkaitan kuat Citrus dengan genus Fortunella (kumkuat), Poncirus, serta Microcitrus dan Eremocitrus, sehingga ada kemungkinan dilakukan penggabungan. Citrus sendiri memiliki dua anakmarga (subgenus), yaitu Citrus dan Papeda.
    Asal jeruk adalah dari Asia Timur dan Asia Tenggara, membentuk sebuah busur yang membentang dari Jepang terus ke selatan hingga kemudian membelok ke barat ke arah India bagian timur. Jeruk manis dan sitrun (lemon) berasal dari Asia Timur, sedangkan jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk purut berasal dari Asia Tenggara.
    Banyak anggota jeruk yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, wewangian, maupun industri. Buah jeruk adalah sumber vitamin C dan wewangian/parfum penting. Daunnya juga digunakan sebagai rempah-rempah.
    pembuhannya melalui serangga.

    BalasHapus
  6. Tugas Biologi kelas IX

    Nama: Chindy marselya
    Kelas: 9A
    Absen: 03

    Tumbuhan berbiji terbagi atas dua.
    1. tumbuhan biji tertutup
    tumbuhan biji tertutup adalah tumbuhan yang bijinya terdapat pada bakal buah.
    2. tumbuhan biji terbuka
    tumbuhan biji terbuka adalah tumbuhan yang bijinya tidak tertutup oleh bakal buah.

    Contoh tumbuhan berbiji:

    1.JERUK

    Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga citrus.
    Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam-manis yang segar.
    Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang tergantung pada semua anggotanya.
    Jeruk sangatlah beragam dengan beberapa spesies dapat saling bersilangan dan mengasilkan hibrida antar spesies yang memiliki karakter yang khas, yang berbeda dari spesies tertuanya.
    Keanekaragaman ini terkadang menyulitkan klasifikasi, penamaan dan pengenalan terhadap anggota-anggotanya.

    2. Mangga

    Bunga pada tanaman mangga biasanya bertangkai pendek, jarang sekali yang bertangkai panjang dan berbau harum.
    Kelopak bunga biasanya berjumlah 5, demikian juga mahkota bunga terdiri dari 5 daun bunga.
    tetapi kadang-kadang ada yang 4 sampai 8.
    Warnanya kuning pucat, sedangkan bagian tengahnya terdapat garis timbul yang berjumlah 3 sampai 5 yang warnanya sedikit tua. Bagian tepi mahkota bunga berwarna putih.pada waktu akan layu mahkota bung atadi akan berwarna kemerahan.
    Bakal buahnya tidak bertangkai dan terdapat dalm satu ruangan, serta terletak pada satu piringan. tangkai putik mulai dari tepi bakal buah dan ujungnya terdapat kepala putik yang bentuknya sederhana. Dalam satu bunga kadang-kadang terdapat 3 bakal buah.

    BalasHapus
  7. Nerisa Arviana Yang
    IXC 24

    Salak Bali

    Salak pada umumnya merupakan tanaman berumah dua.Namun,pada salak Bali selain ditemukan tanaman berbunga jantan juga ditemukan tanaman berumah satu dimana dalam karangan bunganya selain ditemukan hermaprodit.Karakteristik bunga salak bali berumah satu adalah: bunga tongkol majemuk terdiri dari 1-7 tongkol, namun yang bertahan hidup dan menjadi buah hanya 1-3 tongkol saja.Masing-masing tongkol terdiri dari bunga jantan yang dilengkapi dengan kelopak 3, mahkota 3 dan benang sari 6 buah serta bunga kermaprodit yang dilengkapi dengan kelopak 3, mahkota 3, benang sari dan tangkai melekat pada mahkota 3 buah dan 3 buah melekat pada perlekatan 2 mahkota dan satu putik dengan kepala bercabang tiga.Setiap tongkol terdiri dari 91-214 bunga, bunga hermaprodit 33-93 buah dan bunga jantan 50-125 buah.Hal tersebut memajukan bahwa perbandingan bunga jantan lebih banyak dari bunga betina. Reproduksi secara vegetatif juga dapat menggunakan tunas yang tumbuh pada ketiak pelepah daun.Hasil pengamatan pada pohon dewasa terdapat 2-7 tunas, umumnya tidak digunakan sebagai bibit tetapi dibiarkan tumbuh dan digunakan sebagai penyangga bakal buah hingga bakal buah benar-benar kuat untuk tumbuh menjadi buah, kemudian tunas akan dipotong. Apabila bunga tidak jadi buah maka tunas sering dipotong dan digunakan untuk oseng-oseng.Perbanyakan salak umumnya berumah dua dari Jawa dapat dilakukan secara generatif dengan menggunakan biji dan secara vegetatif dengan menggunakan tunas atau anakan.Penggunaan bibit vegetatif ini mempunyai keuntungan jenis kelamin dari calon bibit dan sifat lainnya berbuah banyak sudah diketahui dari induknya.

    BalasHapus
  8. Ardina Lukita Suhamdy
    IX B
    4

    Durian

    Bentuk dasar bunga durian adalah rata. Semua bagian bunga duduk sama tinggi di atas dasar bunga, yakni berturut-turut mulai dari luar ke dalam: kelopak, tajuk, bunga, benang sari, dan putik. Dalam keadaan bakal buah duduk menumpang (superus) sehingga perhiasan bunga seolah-olah duduk di bagian atas bakal buah (epigynus).
    Posisi benang sari bunga durian duduk pada dasar bunga. Sifat bunga demikian disebut thalamiflurae. Benang sari ini merupakan alat kelamin jantan. Bunga durian memiliki benang sari dalam jumlah banyak sekali. Dalam satu bunga terdapat beberapa berkas benang sari dengan tangkai-tangkai benang sari yang berlekatan pada masing-masing berkas. Pada ujung tangkai sari terdapat kepala sari, yang di dalamnya terdapat dia ruang sari(theca). Akan tetapi ada pula anthera yang memiliki satu atau lebih dari 2 theca. 1 ruang sari biasanya terdiri atas 2 kantong sari(loculumentum), tapi sekat yang memisahkan kedua kantong sari dapat hilang.
    Ruang sari amat halus dan terpisah-pisah sehingga mudah diterbangkan angin.
    Pada bunga durian umumnya ditemukan putik majemuk(compositus), yakni jika putik itu terjadi dari 2 daun buah atau lebih.

    BalasHapus
  9. yuliana chandra
    9b/38

    Secara umum peristiwa pembuahan dapat diartikan sebagai peleburan sperma dengan ovum yang menghasilkan zigot. Pada tumbuhan, peristiwa pembuahan selalu didahului oleh peristiwa penyerbukan. Sebaliknya peristiwa penyerbukan tidak selalu diikuti oleh pembuahan. Pembuahan yang terjadi pada tumbuhan ternyata tidak hanya peleburan sperma dengan ovum, tetapi sperma juga membuahi inti kandung lembaga sekunder yang mengasilkan endospermae. Sehingga pembuahan pada tumbuhan bersifat ganda.

    BalasHapus
  10. Tugas biologi kelas IX
    Fiona Vidra
    9G/10

    SPERMATOPHYTA (TUMBUHAN BERBIJI)
    tumbuhan berbiji memiliki ciri-ciri antara lain:
    1.Makroskopis dengan ketinggian bervariasi
    2.Bentuk tubuh bevariasi
    3.Cara hidup fotoautotrof
    4.Habitatnya kebanyakan di darat tapi ada juga yg mengapung di air(teratai)
    5.mempunyai pembuluh xilem dan floem
    6.Reproduksi melalui penyerbukan(polinasi) dan pembuahan(fertilisasi)

    Tumbuhan biji dibedakan menjadi dua golongan yaitu:
    1.Tumbuhan berbiji terbuka(Gymnospermae)
    Ciri-ciri gymnospermae adalah tidak mempunyai bunga ejati, tidak ada mahkotanya. Bakal biji terdapat di luar permukaan dan tidak dilindungi oleh daun buah, merupakan tumbuhan heterospora yaitu menghasilkan dua jenis spora berlainan, megaspora membentuk gamet betina, sedangkan mikrospora menghasilkan serbuk sari, struktur reproduksi terbentuk di dalam strobilus.Dalam reproduksi terjadi pembuahan tunggal.

    Gymnospermae dibagi dalam empat kelompok yaitupinophyta, cycadophyta, ginkgophyta dan gnetophyta.Pinophyta dikenal sebagai konifer, menghasilkan resin/getah, monoesis, daun berbentuk jarum, contohnya rumphii, Encephalartos transvenosus.Ginkogophyta hanya mempunyai satu spesies di dunia ini yaitu Ginkgo biloba, diesis, biji tidak di dalam rujung benar-benar terbuka ke udara bebas. Gnetophyta berbeda dengan kelompok lainnya karena memiliki pembuluh kayu untuk mengatur air pada bagian xilemnya.CthnyaGnetum gnemon, Epherda dan Welwitschia. Manfaat gymnospermae yaitu untuk industri kertas dan korek api (Pinus dan Agathis), untuk obat-obatan (Pius,Ephedra,Juniperus),untuk makanan(Gnetum gnemn),tanaman hias(Thuja,Cupressus,Araucia)

    2.Angiospermae(tumbuhan berbiji tertutup)
    Ciri-ciri Angiospermae memiliki bakal biji atau biji yg tertutup oleh daun buah, mempunyai bunga sejati,umumnya tumbuhan berupa pohon,perdu,semak,liana,dan herba.Dalam reproduksi terjadi PEMBUAHAN GANDA. Angiospermae dibedakan menjadi dua yaitu Monocotyledoneae (berkeping satu) dan Dicotyledoneae (berkeping dua).

    PEMBUAHAN GANDA

    Secara umum peristiwa pembuahan dapat diartikan sebagai peleburan sperma dengan ovum yg menghasilkan ZIGOT.Pada tumbuhan, peristiwa pembuahan selalu didahului peristiwa penyerbukan.Tetapi peristiwa penyerbukan tidak selalu diikuti dengan pembuahan.

    Pembuahan yg terjadi pada tumbuhan tidak hanya peleburan sel sperma dan ovum,tetapi juga pembuahan inti kandung lembaga sekunder oleh sperma yg menghasilkan ENDOSPERMAE.Sehingga pembuahan tersebut bersifat ganda.

    BalasHapus
  11. Tugas biologi kelas 9
    Tommy utomo wijaya
    9D/33

    Duku
    Duku adalah nama umum dari sejenis buah-buahan anggota suku Meliaceae. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara sebelah barat ini dikenal pula dengan nama-nama yang lain seperti langsat, kokosan, pisitan, celoring dan lain-lain dengan pelbagai variasinya. Nama-nama yang beraneka ragam ini sekaligus menunjukkan adanya aneka kultivar yang tercermin dari bentuk buah dan pohon yang berbeda-beda.
    Duku adalah tumbuhan identitas untuk Provinsi Sumatera Selatan.
    Pemerian botani
    Pohon yang berukuran sedang, dengan tinggi mencapai 30 m dan gemang hingga 75 cm. Batang biasanya beralur-alur dalam tak teratur, dengan banir (akar papan) yang pipih menonjol di atas tanah. Pepagan (kulit kayu) berwarna kelabu berbintik-bintik gelap dan jingga, mengandung getah kental berwarna susu yang lengket (resin).Daun majemuk menyirip ganjil, gundul atau berbulu halus, dengan 6–9 anak daun yang tersusun berseling, anak daun jorong (eliptis) sampai lonjong, 9-21 cm × 5-10 cm, mengkilap di sisi atas, seperti jangat, dengan pangkal runcing dan ujung meluncip (meruncing) pendek, anak daun bertangkai 5–12 mm.Bunga terletak dalam tandan yang muncul pada batang atau cabang yang besar, menggantung, sendiri atau dalam berkas 2–5 tandan atau lebih, kerap bercabang pada pangkalnya, 10–30 cm panjangnya, berambut.Bunga-bunga berukuran kecil, duduk atau bertangkai pendek, menyendiri, berkelamin dua. Kelopak berbentuk cawan bercuping-5, berdaging, kuning kehijauan. Mahkota bundar telur, tegak, berdaging, 2-3 mm × 4-5 mm, putih hingga kuning pucat. Benang sari satu berkas, tabungnya mencapai 2 mm, kepala-kepala sari dalam satu lingkaran. Putiknya tebal dan pendek.Buah buni yang berbentuk jorong, bulat atau bulat memanjang, 2-4(-7) cm × 1,5-5 cm, dengan bulu halus kekuning-kuningan dan daun kelopak yang tidak rontok. Kulit (dinding buah) tipis hingga tebal (lk. 6 mm). Berbiji 1–3, pipih, hijau, berasa pahit; biji terbungkus oleh ‘daging’ (arilus) yang putih bening dan tebal, berair, manis hingga masam.Kultivar-kultivar yang unggul memiliki biji yang kecil atau tidak berkembang (rudimenter), namun arilusnya tumbuh baik dan tebal, manis.

    Perbanyakan duku yang dilakukan menggunakan biji mengakibatkan lambannya tanaman dalam menghasilkan buah. Tumbuhan ini memiliki perilaku apomiktik,yaitu dari biji keluar kecambah bukan dari embrio melainkan dari jaringan induk sehingga keturunannya memiliki karakter yang serupa dengan induknya. Perbanyakan vegetatif dilakukan dengan pencangkokan dan sambung pucuk.

    BalasHapus
  12. Tugas Biologi 9B
    Franciska
    9B/14

    Pada tumbuhan biji tertutup (angiospermae) , bakal biji terdapat didalam bakal buah .Akibatnya ,sel kelamin jantan dari kepala putik bergerak menuju ke bakal buah melalui buluh serbuk sari. Buluh serbuk sari mengantarkan inti generatif menuju inti sel telur didalam bakal biji melalui pintu bakal biji(mikrofil). Dari inti 2 generatif tsb,inti generatif I melebur dengan inti sel telur , sdngkan inti generatif II dengan inti kandung lembaga sekunder cadangan makanan biji(endosperma) , contohnya buah mangga

    BalasHapus
  13. Clara Odelia Ciutara
    IXF
    8

    MELON

    Divisio : Spermatophyta
    Sub-divisio : Angiospermae
    Kelas : Dycotyledonae
    Ordo : Cucurbitales
    Famili : Cucurbitaceae
    Genus : Cucumis

    Melon termasuk tanaman semusim atau setahun (annual) yang bersifat menjalar atau merambat dengan peranataraan alat pemegang berbentuk pilin. Tentang sistem perakarannya, tanaman melon memiliki akar tunggang dan akar cabang yang menyebar pada kedalaman lapisan tanah 30-50 cm.
    Batang tanaman bisa mencapai ketinggian antara 1.5 - 3 meter, berbentuk segilima, lunak, berbuku-buku sebagai tempat melekatnya tangkai daun. helai daun berbentuk bundar bersudut lima dan berlekuk-lekuk, dengan diameter antara 8 - 15 cm, dan letak antar daun berseling-seling.
    Dari ketiak-ketiak di antara batang dan tangkai daun muncul tunas atau cabang dalam jumlah cukup banyak, hingga mencapai jumlah krang lebih 20 tunas cabang.
    Bunga melon terdiri atas tiga macam, yaitu bunga betina, bunga jantan, dan bunga sempurna.
    Ciri bunga betina mempunyai putik dan bakal buah berbentuk bulat sampai lonjong di bawah mahkotanya, sedang bunga jantan berbentuk terompet, mempunyai benang sari tanpa bakal buah. Bunga sempurna dicirikan mempunyai bakal buah, alat kelamin betina (putik), dan alat kelamin jantan (benang sari). Mahkota bunga berjumlah lima helai, berwarna kuning cerah menyala.
    Penyerbukan bunga dilakukan dengan bantuan serangga lebah, dapat juga dibantu oleh tangan manusia.
    Hasil penyerbukannya berupa buah berisi biji sebagai alat reproduksi turunan berikutnya.

    BalasHapus
  14. Clara Clarissa
    9G / 06

    Alat reproduksi pada Angiospermae

    Alat reproduksinya terdiri atas alat reproduksi jantan yaitu serbuk sari yang nantinya akan menghasilkan gamet jantan.Sedangkan sel telur yang merupakan gamet betina terdapat di dalam bakal biji.

    Benang sari terdiri dari kepala sari(antera) dan tangkai sari (filamon). Kepala sari merupakan organ yang sangat penting karena di dalamnya terdapat mikrosporangia yang merupakan tempat berkembangnya gametofit jantan. Pada umunya suatu antera terdiri dari 2 ruang sari(teka) dan masing-masing memiliki 2 ruang lokuli. Lokuli berisi mikrospora disebut sporangium.

    Pada awal kepala sari muda di dalam lokulomentum (yaitu dibawa epidermis) tersusun dari jaringan prenkimatis yang homogeny.Sebelum sel-sel induk mikrospora menjadi mikrospora maka sel-sel ini akan mengalami pembelahan meiosis.Pada pembelahan meiosis I menghasilkan dua sel, dan (ada pembelahan ini terjadi reduksi jumlah kromosom yaitu terdiri dari 2n kromosom menjadi n kromosom untuk masing-masing sel yang dihasilkan yaitu butir polen.

    Mikrogametogenesis

    Mikrospora merupakan awal perkembangan gametofit jantan.Selama gametogenesis inti serbuk sari membelah menghasilkan inti vegetatif dan inti generatif, yang tidak sama besar.Sel vegetatif lebih besar dari sel generatif.Inti sel generatif membelah secara mitosis dan menghasilkan 2 sel sperma.

    Setelah pembelahan mitosis, sel vegetatif melanjutkan pertumbuhan, organel sel bertambah jumlah dan ukurannya, vakuola makin lama menghilang.Sel generatif bentuknya speris,setelah lepas dari dinding sel.

    BalasHapus
  15. Ardina Lukita Suhamdy
    IX B
    4

    Pembuahan ganda

    Pembuahan ganda adalah pembuahan yang mengalami dua kali peleburan yaitu
    sperma 1 + sel telur ----->zigot ----->biji
    sperma 2 + Inti Kandung Lembaga Sekunder --->endosperm--->buah

    PROSES PEMBUAHAN GANDA

    Butir serbuk/serbuk sari Þ menempel pada kepala putik Þ membentuk buluh serbuk (2 inti, inti vegetatif dan inti generatif) berjalan ke arah mikropil (pintu kandung lembaga) Þ inti generatif membelah Þ 2 inti sperma Þ sampai di mikropil, inti vegetatif mati Þ satu inti sperma membuahi sel telur Þ embrio. Satu inti sperma lain membuahi inti kandung lembaga Þ endosperma (makanan cadangan bagi embrio).

    Karena pembuahannya berlangsung dua kali maka pembuahan pada Angiospermae disebut pembuahan ganda.

    BalasHapus
  16. Nama : Rosita
    Kelas : IX B

    Papaya (Carica papaya) merupakan tumbuhan yang berbatang tegak dan basah. Papaya menyerupai palma, bunganya berwarna putih dan buahnya yang masak berwarna kuning kemerahan, rasanya seperti buah melon. Tinggi pohon papaya dapat mencapai 8-10m dengan akar yang kuat. Helaian daunnya menyerupai telapak tangan manusia. Apalagi daun papaya tersebut dilipat menjadi 2 bagian persis di tengh, akan nampak bahwa daun papaya tersebut simetris. Rongga dalam pada buah papaya berbentuk bintang apabila penampang buahnya dipotong melintang. Tanaman ini juga dibudidayakan di kebun-kebun karena buahnya yang segar dan bergizi.

    BalasHapus
  17. Vani Juliyanti
    9 G
    36

    Pada tumbuhan Angiospermae terjadi dua kali pembuahan sehingga disebut Pembuahan Ganda.

    Satu inti sperma membuahi sel telur sehingga menghasilkan Embrio,sedangkan satu inti sperma lain membuahi Inti Kandung Lembaga sehingga menghasilkan Endosperma (makanan cadangan bagi embrio)
    Pembuahan seperti ini lah yang disebut Pembuahan Ganda.

    BalasHapus
  18. Tumbuhan berbiji ada dua jenis, yaitu :
    1. Tumbuhan berbiji tertutup
    -Tumbuhan yang bijinya terdapat di bakal buah.
    -Tumbuhan biji tertutup memiliki bunga sejati dengan perhiasan bunga berupa kelopak dan mahkota bunga
    -Alat perkembangbiakannya berupa putik dan benang sari.

    2. Tumbuhan berbiji terbuka
    - Tumbuhan yang bijinya tidak tertutup oleh bakal buah.
    -Alat perkembangbiakan tumbuhan biji terbuka berbentuk kerucut, disebut strobilus atau runjung.
    -Alat kelaminnya terpisah, karena serbuk sari terdapat dalam strobilus jantan dan sel telur terdapat dalam strobilus betina.

    BalasHapus
  19. nama:adithia dandi krisna
    kls : 9b

    pembuahan ganda

    Setelah spermatozoa dan ovum matang, maka dilanjutkan dengan proses pembuahan yang diawali dengan penyerbukan. Zat gula pada kepala putik menyebabkan serbuk sari tumbuh membentuk buluh serbuk sari. Pembuahan berlangsung 2 (dua) kali, pertama Spermatozoa 1 membuahi ovum menghasilkan zigot (2n), kedua Spermatozoa 2 membuahi kandung lembaga sekunder menghasilkan endospermae (3n).

    BalasHapus
  20. mega k.sandilim
    IXb
    22
    xaverius 1jambi


    Rambutan
    Rambutan umumnya berwarna merah dan ukuran tidak besar serta memiliki rambut-rambut di kulitnya.Rambutan banyak ditanam sebagai pohon buah, kadang-kadang ditemukan tumbuh liar.Bunga jantan dan bunga betina tumbuh terpisah dalam satu pohon. Buah bentuknya bulat lonjong, panjang 4-5 cm, dengan duri tempel yang bengkok, lemas sampai kaku. Kulit buahnya berwarna hijau, dan menjadi kuning atau merah kalau sudah masak. Dinding buah tebal. Biji bentuk

    BalasHapus
  21. Stephen Fernando
    9E

    Tumbuhan berbiji

    Dapat dibedakan dengan 2 golongan:

    1.Gymnospermae
    cirinya tidak ada bunga sejati khususnya mahkota bunga. Bakal buah tidak dilindungi daun buah dan berada di luar permukaan. Reproduksinya adalah tunggal.

    Gymnospermae ada 4 buah yaitu:
    -yaithupinophytha
    -cycadophyta
    -ginkgophyta
    -gnetophyta
    menghasilkan 2 buah spora yaitu mikrospora yang membentuk serbuk sari yang akan menghasilkan gamet jantan dan megaspora yang membentuk sel telur yang merupakan gamet betina.

    Dapat dimanfaatkan untuk makanan,obat-obatan,dan tanaman hias.

    angiospermae
    memiliki bakal biji dan biji tertutuo oleh daun buah. merupakan bunga sejati. produksinya pembuahan ganda. dibedakan jadi biji keping 1 dan biji keping 2.

    BalasHapus
  22. Kevin Sagita Wangsa
    IX G
    21

    Reproduksi generatif pada tumbuhan biji terjadi melalui pertemuan serbuk sari dan ovum.Pada tumbuhan berbiji sampainya serbuk sari ke kepala putik dapat melalui beberapa perantara,yaitu angin(anemogami),air(hidrogami),hewan(zoidiogami)dan manusia(antropogami).Berdasarkan asal serbuk sari, penyerbukan dibedakan menjadi penyerbukan sendiri,penyerbukan tetangga,penyerbukan silang,dan penyerbukan bastar.
    Pada gmynoparmae jarak antara penyerbukan dan pembuahan memerlukan waktu yang lama dan pembuahannya disebut pembuahan tunggal karena hanya sekali pembuahan yaitu sel telur dengan spermatozoid.Jarak antara penyerbukan dan pembuahan pada angiosparmae relatif pendek dan pembuahannya disebut pembuahan ganda ,karena terjadi dua kali pembuahan,yaitu sel telur dan spermatozoid menghasilkan zigot dan inti kantong lembaga sekunder dengan spermatozoit menghasilkan sperma.

    BalasHapus
  23. Stefanie Natalia Halim
    IX A / 33

    Pada tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae), bakal biji terdapat di dalam bakal buah. Akibatnya, sel kelamin jantan dari kepala putik bergerak menuju ke bakal buah melalui buluh serbuk sari. Buluh serbuk sari mengantarkan inti generatif menuju inti sel telur di dalam bakal biji melalui pintu bakal biji (mikrofil). Dari dua inti generatif tersebut, inti generatif I melebur dengan inti sel telur, sedangkan inti generatif II melebur dengan inti kandung lembaga sekunder. Hasil peleburan inti generatif I dengan sel telur menghasilkan calon individu baru. Hasil peleburan inti generatif II dengan inti kandung lembaga sekunder membentuk cadangan makanan biji (endosperma). Dengan demikian, pembuahan pada tumbuhan biji tertutup disebut pembuahan ganda.

    BalasHapus
  24. Nama: Eric Ertanto Rustam
    Kelas: 9E

    1.Mangga

    Bunga pada tanaman mangga biasanya bertangkai pendek, jarang sekali yang bertangkai panjang, dan berbau harum. Kelopak bunga biasanya berjumlah 5; demikian juga mahkota bunga terdiri dari 5 daun bunga, tetapi kadang-kadang ada yang 4 sampai 8. Warnanya kuning pucat, sedangkan pada bagian tengah terdapat garis timbul berjumlah 3 sampai 5 yang warnanya sedikit tua. Bagian tepi daun mahkota berwarna putih. Pada waktu akan layu, warna mahkota bunga tadi menjadi kemerahan.

    Benang sari berjumlah 5 buah, tetapi yang subur hanya satu atau dua buah sedangkan yang lainnya steril. Benang sari yang subur biasanya hampir sama panjang dengan putik, yakni kira-kira 2 mm, sedangkan yang steril lebih pendek. Kepala putik berwarna kemerah-merahan dan akan berubah warna menjadi ungu pada waktu kepala sari membuka untuk memberi kesempatan kepada tepung sari yang telah dewasa untuk menyerbuki kepala putik. Bentuk tepung sari biasanya bulat panjang, lebih kurang 20-35 mikron.

    Bakal buahnya tidak bertangkai dan terdapat dalam suatu ruangan, serta terletak pada suatu piringan. Tangkai putik mulai dari tepi bakal buah dan ujungnya terdapat kepala putik yang bentuknya sederhana. Dalam suatu bunga kadang-kadang terdapat tiga bakal buah.
    Tanaman mangga yang ketika menjadi tanaman muda tidak menghasilkan bunga dan buah, setelah beberapa tahun ditumbuhkan, dapat menghasilkan bunga dan buah Yang bertujuan untuk perkembangbiakan dan reproduksi. Proses ini tidak dapat diukur karena kematangan seksual tanaman mangga tadi dapat berbeda - beda antara satu individu dengan individu lain, tergantung dari faktor yang mempengaruhi.

    BalasHapus
  25. Juliani Hanly
    9a / 19

    Butir serbuk/serbuk sari Þ menempel pada kepala putik Þ membentuk buluh serbuk (2 inti, inti vegetatif dan inti generatif) berjalan ke arah mikropil (pintu kandung lembaga) Þ inti generatif membelah Þ 2 inti sperma Þ sampai di mikropil, inti vegetatif mati Þ satu inti sperma membuahi sel telur Þ embrio. Satu inti sperma lain membuahi inti kandung lembaga Þ endosperma (makanan cadangan bagi embrio).

    Karena pembuahannya berlangsung dua kali maka pembuahan pada Angiospermae disebut pembuahan ganda.

    Embrio pada tumbuhan berbiji tertentu dapat terbentuk karena beberapa sebab. yaitu :


    1. Melalui peleburan sperma dan ovum (amfimiksis)
    2. Tidak melalui peleburan sperma dan ovum (apomiksis), yang dapat dibedakan atas:


    a. Apogami : embrio yang terbentuk berasal dari kandung lembaga. Misalnya : dari sinergid dan antipoda.
    b.Partenogenesis : embrio terbentuk dari sel telur yang tidak dibuahi.
    c. Embrio adventif : merupakan embrio yang terbentuk dari sel nuselus, yaitu bagian selain kandung lembaga.

    Apomiksis dan amfimiksis dapat terjadi bersamaan, maka akan terbentuk lebih dari satu embrio dalam satu biji, disebut poliembrioni. Peristiwa ini sering dijumpai pada nangka, jeruk dan mangga.

    BalasHapus
  26. FELIKS LOURENSIUS
    IX A
    10

    Serbuk sari menempel pada ujung putik dan menghasilkan saluran serbuk sari yang akan menembus pori kecil (mikrofil)
    2 sperma kemudian dilepaskan ke ovarium melalui saluran ini.
    salah satu sperma membuahi sel telur dan membentuk zigot diploid/embrio.
    1 spermanya lagi melebur dengan 2 inti polar haploid yang terletak dibagian tengah kantong embrio .
    hasilnya sel yang bersifat triploid(3n).
    sel triploid membelah secara meiosis dan berubah menjadi endosperma.
    endosperma adalah jaringan kaya nutrisi dalam buah.

    BalasHapus
  27. serbuk sari menempel pada ujung putik dan menghasilkan serbuk sari yg akn menembus mikrofil.Kemudian di lepaskan ke ovarium melalui saluran tersebut. Salah 1 sperma membuahi sel telur dan membentuk zigot. kemudian sperma akan melebur dg 2 inti polar haploidyg terletak di di tengah kantong embrio. sel triploid mebelah secara meiosis dan berubah menjadi endosperma.

    BalasHapus
  28. Nama: Chindy Marselya
    Kelas: 9A
    Absen: 03

    PEMBUAHAN GANDA

    Pembuahan Ganda
    Terbagi atas 3 proses:

    1. Perkembangan serbuk sari diatas kepala putik.
    serbuk sari menyerap gula kemudian pecah berkecambah lalu eksim pecah intim meluruh membentuk serbuk sari.
    Inti generatif di belakang membelah lagi menjadi 1 dan 2.

    2. Pembentukan sel telur pada bakal biji

    3.Fertilisasi
    inti generatif 1 dan 2 masuk ke dalam bakal biji melalui mikropil.
    Pada tumbuhan biji tertutup terdapat 2 macam fertilisasi,yaitu:
    *generatif 1 dan intipula
    *generatif 2 dan inti sel telur
    - Inti Generatif 1 dan intipula menghasilkan endosperm
    - Inti Generatif 2 dan inti sel menghasilkan zigot.
    Karena terdapat 2 macam fertilisasi maka disebut pembuahan ganda.

    BalasHapus
  29. Nama : Rosalia
    Kelas : IX A
    Pembuahan Ganda

    * pembuahan ganda:
    sperma 1 + sel telur ----->zigot ----->biji
    sperma 2 + Inti Kandung Lembaga Sekunder --->endosperm--->buah

    * perbedaan:
    pembuahan tunggal_membentuk biji---->gimnospermae
    pembuahan ganda_membentuk biji dan buah--->angiospermae

    proses pembentukan sel kelemin jantan (pembuahan ganda)
    pada ujung terdapat inti vegetatif dan inti generatif
    inti generatif membelah mjd 2 yaitu inti generatif 1 yang membentuk sperma 1 dan inti generatif 2 yg membentuk sperma 2
    kemudian sperma 1 dan sperma 2 jatuh ke bawah sampai ke mikrofil dan akan membentuk zigot
    di dlm mikrofil terdapat satu inti yg disebut mit0sis
    mitosis membelah mjd 2 melalui pembelahan meiosis
    lalu membelah lg mjd 4 dan disebut meiosis 2
    dan terakhir, 4 inti itu membelah mjd 8 inti

    proses pembentukan sel kelamin betina
    pada 8 inti yg terbentuk melalui pembelahan meiosis dan mitosis itu terbagi mjd beberapa bagian yaitu
    dlm mikrofil, 3 inti paling atas dsb sel2 antipoda
    2 inti yg ada ditengah dsb inti kandung lembaga sekunder
    dan ada 3 inti paling bawah, 2 yg ada di pinggir dsb sinergid dan 1 yg ada di tengah dsb ovum

    BalasHapus
  30. contoh tanaman berbiji.

    sonryanna 9b 34

    JAGUNG
    Jagung merupakan tanaman semusim .Satu siklus hidupnya diselesaikan dalam 80-150 hari. Paruh pertama dari siklus merupakan tahap pertumbuhan vegetatif dan paruh kedua untuk tahap pertumbuhan generatif.

    Tinggi tanaman jagung sangat bervariasi. Meskipun tanaman jagung umumnya berketinggian antara 1m sampai 3m, ada varietas yang dapat mencapai tinggi 6m. Tinggi tanaman biasa diukur dari permukaan tanah hingga ruas teratas sebelum bunga jantan. Meskipun beberapa varietas dapat menghasilkan anakan , pada umumnya jagung tidak memiliki kemampuan ini.
    Jagung hibrida di ladang.

    Akar jagung tergolong akar serabut yang dapat mencapai kedalaman 8 m meskipun sebagian besar berada pada kisaran 2 m. Pada tanaman yang sudah cukup dewasa muncul akar adventif dari buku-buku batang bagian bawah yang membantu menyangga tegaknya tanaman.

    Batang jagung tegak dan mudah terlihat, sebagaimana sorgum dan tebu, namun tidak seperti padi atau gandum. Terdapat mutan yang batangnya tidak tumbuh pesat sehingga tanaman berbentuk roset. Batang beruas-ruas. Ruas terbungkus pelepah daun yang muncul dari buku. Batang jagung cukup kokoh namun tidak banyak mengandung lignin.

    Daun jagung adalah daun sempurna. Bentuknya memanjang. Antara pelepah dan helai daun terdapat ligula. Tulang daun sejajar dengan ibu tulang daun. Permukaan daun ada yang licin dan ada yang berambut. Stoma pada daun jagung berbentuk halter, yang khas dimiliki familia Poaceae. Setiap stoma dikelilingi sel-sel epidermis berbentuk kipas. Struktur ini berperan penting dalam respon tanaman menanggapi defisit air pada sel-sel daun.

    Jagung memiliki bunga jantan dan bunga betina yang terpisah dalam satu tanaman . Tiap kuntum bunga memiliki struktur khas bunga dari suku Poaceae, yang disebut floret. Pada jagung, dua floret dibatasi oleh sepasang glumae (tunggal: gluma). Bunga jantan tumbuh di bagian puncak tanaman, berupa karangan bunga . Serbuk sari berwarna kuning dan beraroma khas. Bunga betina tersusun dalam tongkol. Tongkol tumbuh dari buku, di antara batang dan pelepah daun. Pada umumnya, satu tanaman hanya dapat menghasilkan satu tongkol produktif meskipun memiliki sejumlah bunga betina. Beberapa varietas unggul dapat menghasilkan lebih dari satu tongkol produktif. Bunga jantan jagung cenderung siap untuk penyerbukan 2-5 hari lebih dini daripada bunga betinanya (protandri).

    BalasHapus
  31. Nama : Noah
    Kelas : 9b / 24

    Reproduksi generatif pada tumbuhan biji terjadi melalui pertemuan serbuk sari dan ovum. Pada tumbuhan brbiji sampainya serbuk sari ke kepala putik dapat melalui beberapa perantara, yaitu angin (anemogami), air(hidrogami), hewan(zoidogami), dan manusia(antropogami). Berdasarkan asal serbuksari, penyerbukan dibedakan menjadi penyerbukan sendiri(autogami), penyerbukan tetangga(geitonogami), penyerbukan silang(alogami), dan penyerbukan bastar.
    Pada gymnosparmae jarak antara penyerbukan dan pembuahan memerlukan waktu yang lama dan pembuahanya disebut pembuahan tunggalkarena hanya sekali pembuahan yaitu sel telur dengan spematozoid. Jarak antara penyerbukan dan pembuahan pada angiosparmae relatif pendek dan pembuahanya disebut pembuahan ganda, karena terjadi dua kali pembuahan, yaitu sel telur dan spermatozoid menghasilkan zigot dan inti kantung lembaga sekunder dengan spermatozoit menghasilkan sperma.

    BalasHapus
  32. Nama:Andrean Adinata
    Kelas:9B
    No.Absen:3

    Spermatophyta adalah tumbuhan berbiji.Spermatophyta berasal dari nama latin sperma yang berarti pembuahan dan phyton yang berarti ganda.Cara reproduksi spermatophyta adalah serbuk sari menempel pada kepala putik.Didalam putik banyak terdapat bakal biji.Setelah pembuahan, diding bakal buah tumbuh menjadi buah.Umumnya didalam buah terdapat biji.Misalnya pada mangga, rambutan, dan jambu.Ini biasanya terjadi pada angiospermae.Pada angiospermae, inti sperma I melebur dengan ovum menghasilkan lembaga(embrio).Pembuahan kedua:inti sperma II melebur dengan inti kandung sekunder dan menghasilkan putik lembaga dalam(endospermae).

    BalasHapus
  33. Ng Adhi Wahyudi
    IX F / 24

    spermatophyta (tumbuhan biji)dibedakan menjadi 2 yaitu tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup.ciri-ciri tumbuhan biji antara lain :bentuk tubuhnya bervariasi,cara hidup fotoautotrof,mempunyai pembuluh xilem dan floem dan reproduksi dengan penyerbukan ( polinase) dan pembuahan (fertilisasi).ciri tumbuhan biji terbuka tidak mempunyai bunga sejati ,tidak ada mahkota bunganya sedangkan tumbuhan biji tertutup cirinya memiliki bakal biji atau buah yang tertutup oleh daun ,mempunyai bunga sejati .misalnya mangga,apel,alpukat,rambutan,jambu dll.

    BalasHapus
  34. Yohanes William
    9 F
    37

    durian

    bunga dan buah durian mencul langsung dari batang atau cabang cabang tua di bagian pangkal berkelompok dalam karangan berisi 3-10 kuntum berbentuk tukal. kuncup dari bunga ini membulat dengan diameter sekitar 2 cm.

    benang sarinya banyak terbagi ke dalam 5 berkas dan kepala putiknya berbentuk dongkol. pada siang hari, bunga ini menutup. dan pada malam hari bunga ini membuka. bunga ono menyerbarkan wangi dari nektar bunga untuk menarik perhatian kelelawar agar dapat membantu penyerbukan. tidak hanya kelelawar tapi lebah dan burung juga turut membantu.

    buah durian bertipe kapsul, membentuk bulat bulat hingga lonjong. dgan panjang 25 cm dan diameter 20 cm. kulit buahnya sangat tebal dab permukaan luarnya sangat tebal dan berbentuk duri, oleh kareba itu, maka buahnya disebut dengan DURIAN.

    Buah berkembang setelah pembuahan dan memerlukan 4-6 bulan untuk pemasakam. pada masa pemasakan, terjadi persaingan antar buah pada suatu kelompok sehingga hanya ada beberapa buah saja yang masak, yang lainnya gugur. buah durian yang masak beratnya berkisar antara 1,5-5 kg. buah durian yang sudah masak akan jatuh sendiri shingga bahaya jika kita berada di kebun duirian pada saat musim buahnya

    biasanya durian berbuah setelah 4-5 tahun. teknik yang dipakai untuk mempercepat pohon durian untuk berbunga antara lain yaitu pencangkokan, penyusuan, penyamnbungan sanding, penyambungan celah, dan juga okulasi yang merupakan teknik yang paling sering dipakai. kenyataannya jika menggunakan proses ini maka dapat mempercepat sampai 2-3 tahun.

    perbanyakan durian di desa desa biasanya menggunakan biji yang juga digunakan untuk pertambahan batang bawah pada perbanyakan vegetatif.
    biji durian hanya dapat hidup di daerah dengan kadar air tinggi sehinga biji durian harus disemaikan dulu setelah buahnya dibuka.

    BalasHapus
  35. VIVI DIANA
    9A
    36

    PEMBUAHAN GANDA

    Pembuahan ganda adalah pembuahan yang mengalami dua kali peleburan yaitu
    sperma 1 + sel telur ----->zigot ----->biji
    sperma 2 + Inti Kandung Lembaga Sekunder --->endosperm--->buah

    Butir serbuk/serbuk sari Þ menempel pada kepala putik Þ membentuk buluh serbuk (2 inti, inti vegetatif dan inti generatif) berjalan ke arah mikropil (pintu kandung lembaga) Þ inti generatif membelah Þ 2 inti sperma Þ sampai di mikropil, inti vegetatif mati Þ satu inti sperma membuahi sel telur Þ embrio. Satu inti sperma lain membuahi inti kandung lembaga Þ endosperma (makanan cadangan bagi embrio).

    Karena pembuahannya berlangsung dua kali maka pembuahan pada Angiospermae disebut pembuahan ganda.

    Embrio pada tumbuhan berbiji tertentu dapat terbentuk karena beberapa sebab. yaitu :

    1. Melalui peleburan sperma dan ovum (amfimiksis)

    2. Tidak melalui peleburan sperma dan ovum (apomiksis), yang dapat dibedakan atas:

    · Apogami : embrio yang terbentuk berasal dari kandung lembaga. Misalnya :dari sinergid dan antipoda

    · Partenogenesis : embrio terbentuk dari sel telur yang tidak dibuahi.

    · Embrio adventif : merupakan embrio yang terbentuk dari sel nuselus, yaitu bagian
    selain kandung lembaga.

    Apomiksis dan amfimiksis dapat terjadi bersamaan, maka akan terbentuk lebih dari satu embrio dalam satu biji, disebut poliembrioni. Peristiwa ini sering dijumpai pada nangka, jeruk dan mangga.

    BalasHapus
  36. Carel
    9B

    spermatophyta (tumbuhan biji)dibedakan menjadi 2 yaitu tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup.ciri-ciri tumbuhan biji antara lain :bentuk tubuhnya bervariasi,cara hidup fotoautotrof,mempunyai pembuluh xilem dan floem dan reproduksi dengan penyerbukan ( polinase) dan pembuahan (fertilisasi).ciri tumbuhan biji terbuka tidak mempunyai bunga sejati ,tidak ada mahkota bunganya sedangkan tumbuhan biji tertutup cirinya memiliki bakal biji atau buah yang tertutup oleh daun ,mempunyai bunga sejati .misalnya mangga,apel,alpukat,rambutan,jambu dll.
    Embrio pada tumbuhan berbiji tertentu dapat terbentuk karena beberapa sebab. yaitu :


    1. Melalui peleburan sperma dan ovum (amfimiksis)
    2. Tidak melalui peleburan sperma dan ovum (apomiksis), yang dapat dibedakan atas:
    a. Apogami : embrio yang terbentuk berasal dari kandung lembaga. Misalnya : dari sinergid dan antipoda.
    b.Partenogenesis : embrio terbentuk dari sel telur yang tidak dibuahi.
    c. Embrio adventif : merupakan embrio yang terbentuk dari sel nuselus, yaitu bagian selain kandung lembaga.

    Apomiksis dan amfimiksis dapat terjadi bersamaan, maka akan terbentuk lebih dari satu embrio dalam satu biji, disebut poliembrioni. Peristiwa ini sering dijumpai pada nangka, jeruk dan mangga.

    BalasHapus
  37. Vivi Diana
    36
    9A

    PADI

    Padi adalah salah satu tanaman budidaya terpenting dalam peradaban manusia. Meskipun terutama mengacu pada jenis tanaman budidaya, padi juga digunakan untuk mengacu pada beberapa jenis dari marga (genus) yang sama, yang biasa disebut sebagai padi liar.

    Produksi padi dunia menempati urutan ketiga dari semua serealia, setelah jagung dan gandum. Namun demikian, padi merupakan sumber karbohidrat utama bagi mayoritas penduduk dunia.

    Ciri-ciri umum

    Padi termasuk dalam suku padi-padian atau Poaceae (sinonim: Graminae atau Glumiflorae).

    Terna semusim, berakar serabut; batang sangat pendek, struktur serupa batang terbentuk dari rangkaian pelepah daun yang saling menopang; daun sempurna dengan pelepah tegak, daun berbentuk lanset, warna hijau muda hingga hijau tua, berurat daun sejajar, tertutupi oleh rambut yang pendek dan jarang; bunga tersusun majemuk, tipe malai bercabang, satuan bunga disebut floret, yang terletak pada satu spikelet yang duduk pada panikula; buah tipe bulir atau kariopsis yang tidak dapat dibedakan mana buah dan bijinya, bentuk hampir bulat hingga lonjong, ukuran 3 mm hingga 15 mm, tertutup oleh palea dan lemma yang dalam bahasa sehari-hari disebut sekam, struktur dominan adalah endospermium yang dimakan orang.

    Reproduksi

    Setiap bunga padi memiliki enam kepala sari (anther) dan kepala putik (stigma) bercabang dua berbentuk sikat botol. Kedua organ seksual ini umumnya siap reproduksi dalam waktu yang bersamaan. Kepala sari kadang-kadang keluar dari palea dan lemma jika telah masak.

    Dari segi reproduksi, padi merupakan tanaman berpenyerbukan sendiri, karena 95% atau lebih serbuk sari membuahi sel telur tanaman yang sama.

    Setelah pembuahan terjadi, zigot dan inti polar yang telah dibuahi segera membelah diri. Zigot berkembang membentuk embrio dan inti polar menjadi endospermia. Pada akhir perkembangan, sebagian besar bulir padi mengadung pati di bagian endospermia. Bagi tanaman muda, pati berfungsi sebagai cadangan makanan. Bagi manusia, pati dimanfaatkan sebagai sumber gizi.

    BalasHapus
  38. Melisa..
    IXb/23..

    Pada tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae), bakal biji trdapat dalam bakal buah.Maka, sel kelamin jantan dari kepala putik bergerak ke bakal buah melewati buluh serbuk sari.Buluh serbuk sari mengantar inti generatif ke inti sel telur dalam bakal biji lewat pintu mikrofil.Dari 2 inti generatif I melebur dengan inti sel telur, sedangkan inti generatif II melebur dengan inti kandung lembaga sekunder.Hasil peleburan generatif I & sel telur menghasilkan calon individu baru.Sedangkan inti generatif II melebur dengan lembaga sekunder membentuk endosperma.Jadi, kesimpulannya pembuahan biji tertutup disebut pembuahan ganda.

    Contoh reproduksi pada tumbuhan berbiji:
    Mangga

    Bunga pada tanaman mangga biasanya bertangkai pendek, jarang sekali yang bertangkai panjang dan berbau harum.
    Kelopak bunga biasanya berjumlah 5, demikian juga mahkota bunga terdiri dari 5 daun bunga.
    tetapi kadang-kadang ada yang 4 sampai 8.
    Warnanya kuning pucat, sedangkan bagian tengahnya terdapat garis timbul yang berjumlah 3 sampai 5 yang warnanya sedikit tua. Bagian tepi mahkota bunga berwarna putih.pada waktu akan layu mahkota bung atadi akan berwarna kemerahan.
    Bakal buahnya tidak bertangkai dan terdapat dalm satu ruangan, serta terletak pada satu piringan. tangkai putik mulai dari tepi bakal buah dan ujungnya terdapat kepala putik yang bentuknya sederhana. Dalam satu bunga kadang-kadang terdapat 3 bakal buah.

    BalasHapus
  39. Yenni Purnama Sari 9A/38

    Pembuahan pada tumbuhan terdiri dari pembuahan ganda dan pembuahan tunggal.
    Pembuahan ganda
    terjadi pada tumbuhan biji tertutup(Angiospermae) melalui 3 proses yaitu:
    -Perkembangan serbuk sari di atas kepala putik,serbuk sari menyerap gula lalu pecah dan berkecambah. Eksinnya pecah dan intinnya meluruh membentuk buluh serbuk sari,Inti generatif belakang membelah jadi inti generatif 1 dan2.
    -Pembentukan inti sel telur di bakal biji terbentuk 8 inti sel yaitu 1 inti sel telur, 2 inti sel sinergit, 2 inti polar, dan 3 inti antipoda.
    -Fertilisasi:
    Inti generatif 1 membuahi inti polar jadi endosperm(bakal buah) sedangkan inti generatif 2 membuahi inti sel telur jadi zygote.

    Pembuahan tunggal
    terjadi pada tumbuhan biji terbuka(Gymnospermae). Prosesnya: serbuk sari ditetes di atas kepala putik,penyerbukan membentuk buluh serbuk sari menjulur bakal biji yang tidak ditutupi bakal buah,Generatif 1 dan 2 masing-masing membuahi inti sel telur jadi zygote.

    Cth tumbuhan berbiji dan kaitannya dg reproduksi:
    Rambutan
    Nama lainnya Nephelium sp. Cirinya kulit luarnya berwarna merah,bentuknya agak lonjong dan memiliki rambut agak tebal dan bentuk rambutnya agak layu yang menempel di kulitnya. Rambutan kadang-kadang ditemukan sebagai tumbuhan liar. Bunga jantan dan bunga betinanya tumbuh terpisah dalam 1 pohon. Bila belum masak kulitnya berwarna hijau sedangkan kalau sudah masak berwarna merah. Buahnya tebal,biji rambutan berbentuk oval atau elips yang terbungkus oleh daging buah yang transparan yang biasanya dimakan dan banyak mengandung air.Rasanya masam atau manis sesuai dengan kemasakkan rambutan itu. Rambutan berbunga saat akhir musim kemarau dan membentuk buah saat musim hujan. Beberapa jenis rambutan yaitu: ropiah,simacan,lebakbulus,sinyonya dan binjei. Reproduksi rambutan secara tidak kawin bisa melalui cangkok,biji,ovulasi. Tanaman dari biji biasanya berbuah setelah 8 tahun kalau yang dari vegetatif berbunga setelah 4 tahun.

    BalasHapus
  40. Tugas kelas IX
    Nama:Jonathan Jose
    kls:IX A
    no:18
    Pembuahan Ganda

    Serbuk dari pada putik membentuk buluh serbuk(2 inti,inti generatif dan vegetatif) berjalan ke arah mikrofil(pintu kantung lembaga)inti generatif membelah menjadi 2 inti sperma sampai ke mikrofil.Inti vegetatif mati,inti sperma membuahi sel telur dan membentuk embrio.Sedangkan satu inti sperma laennya membuahi inti kandung lembaga.
    Pembuahan pada tumbuhan angiospermae terjadi 2x sehingga disebut pembuahan ganda

    BalasHapus
  41. Tugas Biologi
    Nama : Christi Giovani Anggasta Hanafi
    Kelas : 9 F
    No. Absen : 05

    PEMBUAHAN GANDA
    Butir serbuk/serbuk sari menempel pada kepala putik lalu membentuk buluh serbuk (2 inti, inti vegetatif dan inti generatif) berjalan ke arah mikrofil (pintu kandung lembaga) -> inti generatif membelah -> 2 inti sperma sampai di mikrofil, inti vegetatif mati -> satu inti sperma membuahi sel telur menjadi embrio. Satu inti sperma lain membuahi inti kandung lembaga sehingga terbebtuklah endosperma (makanan cadangan bagi embrio).
    Karena pembuahannya berlangsung dua kali maka pembuahan pada Angiospermae disebut pembuahan ganda.
    Embrio pada tumbuhan berbiji tertentu dapat terbentuk karena beberapa sebab. yaitu :
    1. Melalui peleburan sperma dan ovum (amfimiksis)
    2. Tidak melalui peleburan sperma dan ovum (apomiksis), yang dapat dibedakan atas:
    •Apogami : embrio yang terbentuk berasal dari kandung lembaga. Misalnya :
    dari sinergid dan antipoda
    •Partenogenesis : embrio terbentuk dari sel telur yang tidak dibuahi.
    •Embrio adventif : merupakan embrio yang terbentuk dari sel nuselus, yaitu bagian selain kandung lembaga.
    Apomiksis dan amfimiksis dapat terjadi bersamaan, maka akan terbentuk lebih dari satu embrio dalam satu biji, disebut poliembrioni. Peristiwa ini sering dijumpai pada nangka, jeruk dan mangga.

    BalasHapus
  42. nama: ivan reinaldo tanuwijaya
    kelas :IX c
    no : 13

    JAGUNG
    tumbuhan jagung menghasilkan 2 macam bunga, yaitu bunga yang berbentuk malai di atas dan bunga berbentuk tongkol di ketiak daun.bunga berbentuk malai itu adalah hanya menghasilkan serbuk sari sehingga disebut bunga jantan (biasa kita lihat berupa rambut jagung).sedangkan bunga berbentuk tongkol itu adalah bunga yang memiliki putik sehingga disebut bunga betina.jadi dalam 1 tanaman jagung terdapat 2 jenis bunga, yaitu bunga jantan dan bunga betina.sehingga jagung disebut juga bunga berumah 1.
    tumbuhan jagung ini lebih mengandalkan penyerbukan oleh angin ( anemogami ).hal ini disebabkan karena bunga jantan pada jagung tidak terlalu menarik perhatian serangga.akibatnya, serangga menjadi tidak tertarik pada bunga ini.jagung juga tumbuh ditempat yang tidak lembab.apalagi bunga jantan jagung itu menjuluh keluar dan jumlahnya banyak sehingga lebih mudah bagi angin untuk membantu penyerbukannya.saat ada angin yang cukup kuat, angin itu akan menerbangkan serbuk saari dari bunga jantan jagung tersebut.dan serbuk sari itu nantinya akan jatuh ke bunga betina yang berada di ketiak daun (letaknya lebih di bawah di banding bunga jantannya)dan terjadilah fertilisasi.

    BalasHapus
  43. Nama : Sherly melinda
    Kelas : IXF (9F)
    Absen : 28

    1. Salak
    Salak / salaka edulis merupakan hasil pembuahan ganda, biji salak terdiri dari zigot dan endosperm , daging buah salak berasal dari bakal buah. Biji salak dapat ditanam. Selama berkecambah, mendapat makanan dari endosperm. Maka salak termasuk buah dari hasil pembuahan ganda.

    BalasHapus
  44. evan cornelius/9c/8

    padi

    Setiap bunga padi memiliki enam kepala sari (anther) dan kepala putik (stigma) bercabang dua berbentuk sikat botol. Kedua organ seksual ini umumnya siap reproduksi dalam waktu yang bersamaan. Kepala sari kadang-kadang keluar dari palea dan lemma jika telah masak.

    Dari segi reproduksi, padi merupakan tanaman berpenyerbukan sendiri, karena 95% atau lebih serbuk sari membuahi sel telur tanaman yang sama.

    Setelah pembuahan terjadi, zigot dan inti polar yang telah dibuahi segera membelah diri. Zigot berkembang membentuk embrio dan inti polar menjadi endospermia. Pada akhir perkembangan, sebagian besar bulir padi mengadung pati di bagian endospermia. Bagi tanaman muda, pati berfungsi sebagai cadangan makanan. Bagi manusia, pati dimanfaatkan sebagai sumber gizi.

    Genetika dan Pemuliaan Padi
    Satu set genom padi terdiri dari 12 kromosom. Karena padi adalah tanaman diploid, maka setiap sel padi memiliki 12 pasang kromosom (kecuali sel seksual).

    BalasHapus
  45. Sonia Tahir
    29 / IXf

    Jagung
    Tumbuhan jagung menghasilkan 2 macam bunga yaitu bunga berbentuk malai di bagian ujung atas dan bunga berbentuk tongkol di krtiak daun. Bunga berbentuk malai tsb hanya menghasilkan benang sari shg disebut bunga jantan.Sementara bunga yang berbentuk tongkol memiliki putik shg disebut bunga betina.
    Jagung memiliki bunga jantan dan bunga betina yang terpisah (diklin) dalam satu tanaman (monoecious). Tiap kuntum bunga memiliki struktur khas bunga dari suku Poaceae, yang disebut floret. Pada jagung, dua floret dibatasi oleh sepasang glumae (tunggal: gluma). Bunga jantan tumbuh di bagian puncak tanaman, berupa karangan bunga (inflorescence). Serbuk sari berwarna kuning dan beraroma khas. Bunga betina tersusun dalam tongkol. Tongkol tumbuh dari buku, di antara batang dan pelepah daun. Pada umumnya, satu tanaman hanya dapat menghasilkan satu tongkol produktif meskipun memiliki sejumlah bunga betina. Beberapa varietas unggul dapat menghasilkan lebih dari satu tongkol produktif, dan disebut sebagai varietas prolifik. Bunga jantan jagung cenderung siap untuk penyerbukan 2-5 hari lebih dini daripada bunga betinanya (protandri).

    BalasHapus
  46. Xaverier 9D


    Butir serbuk/serbuk sari Þ menempel pada kepala putik Þ membentuk buluh serbuk (2 inti, inti vegetatif dan inti generatif) berjalan ke arah mikropil (pintu kandung lembaga) Þ inti generatif membelah Þ 2 inti sperma Þ sampai di mikropil, inti vegetatif mati Þ satu inti sperma membuahi sel telur Þ embrio. Satu inti sperma lain membuahi inti kandung lembaga Þ endosperma (makanan cadangan bagi embrio).

    Karena pembuahannya berlangsung dua kali maka pembuahan pada Angiospermae disebut pembuahan ganda.

    Embrio pada tumbuhan berbiji tertentu dapat terbentuk karena beberapa sebab. yaitu :
    1.
    Melalui peleburan sperma dan ovum (amfimiksis)
    2.


    Tidak melalui peleburan sperma dan ovum (apomiksis), yang dapat dibedakan atas:
    a. Apogami : embrio yang terbentuk berasal dari kandung lembaga. Misalnya : dari sinergid dan antipoda.
    b.Partenogenesis : embrio terbentuk dari sel telur yang tidak dibuahi.
    c. Embrio adventif : merupakan embrio yang terbentuk dari sel nuselus, yaitu bagian selain kandung lembaga.


    Apomiksis dan amfimiksis dapat terjadi bersamaan, maka akan terbentuk lebih dari satu embrio dalam satu biji, disebut poliembrioni. Peristiwa ini sering dijumpai pada nangka, jeruk dan mangga.

    BalasHapus
  47. Tugas Biologi
    Nama : Risti Paramita W
    Kelas : 9 G
    No. Absen : 31

    PEMBUAHAN GANDA
    =>Butir serbuk/serbuk sari menempel pada kepala putik lalu membentuk buluh serbuk (2 inti, inti vegetatif dan inti generatif) berjalan ke arah mikrofil
    => inti generatif membelah
    => 2 inti sperma sampai di mikrofil, inti vegetatif mati
    => satu inti sperma membuahi sel telur menjadi embrio. Satu inti sperma lain membuahi inti kandung lembaga sehingga terbebtuklah endosperma.
    pembuahannya berlangsung dua kali maka pembuahan pada Angiospermae disebut pembuahan ganda.
    Embrio pada tumbuhan berbiji tertentu dapat terbentuk karena beberapa sebab. yaitu :
    1. Melalui peleburan sperma dan ovum (amfimiksis)
    2. Tidak melalui peleburan sperma dan ovum (apomiksis)

    BalasHapus
  48. Tugas Biologi
    Nama : Ega Felik Sudana
    Kelas : 9e
    No.absen : 10

    Rambutan (Nephelium lappaceum)

    Rambutan merupakan tumbuhan hortikultura berupa pohon dengan famili sapindacaeae.
    Tanaman buah tropis ini nama bahasa Inggrisnya disebut Hairy Fruit berasal dari Indonesia. Hingga saat ini telah menyebar didaerah beriklim tropis seperti Filipina dan negara-negara Amerika Latin dan ditemukan pula didaratan yang mempunyai iklim sub-tropis.

    Rambutan dapat dikembangbiakan melalui biji,cangkokan, okulasi, penyusuan. Tanaman yang berasal dari biji akan berbuah setelah 8 tahun, sedangkan yang dari perkembangbiakan vegetatif berbunga setelah 4 tahun.

    BalasHapus
  49. Reproduksi tumbuhan
    SISTEM REPRODUKSI
    Reproduksi generatif pada tumbuhan biji terjadi melalui pertemuan serbuk sari dan ovum. Pada tumbuhan brbiji sampainya serbuk sari ke kepala putik dapat melalui beberapa perantara, yaitu angin (anemogami), air(hidrogami), hewan(zoidogami), dan manusia(antropogami). Berdasarkan asal serbuksari, penyerbukan dibedakan menjadi penyerbukan sendiri(autogami), penyerbukan tetangga(geitonogami), penyerbukan silang(alogami), dan penyerbukan bastar.
    Pada gymnosparmae jarak antara penyerbukan dan pembuahan memerlukan waktu yang lama dan pembuahanya disebut pembuahan tunggalkarena hanya sekali pembuahan yaitu sel telur dengan spematozoid. Jarak antara penyerbukan dan pembuahan pada angiosparmae relatif pendek dan pembuahanya disebut pembuahan ganda, karena terjadi dua kali pembuahan, yaitu sel telur dan spermatozoid menghasilkan zigot dan inti kantung lembaga sekunder dengan spermatozoit menghasilkan sperma.

    BalasHapus
  50. felicia agustini
    9a

    * pembuahan ganda:
    sperma 1 + sel telur ----->zigot ----->biji
    sperma 2 + Inti Kandung Lembaga Sekunder --->endosperm--->buah

    * perbedaan:
    pembuahan tunggal_membentuk biji---->gimnospermae
    pembuahan ganda_membentuk biji dan buah--->angiospermae

    proses pembentukan sel kelemin jantan (pembuahan ganda)
    pada ujung terdapat inti vegetatif dan inti generatif
    inti generatif membelah mjd 2 yaituinti generatif 1 yang membentuk sperma 1 dan inti generatif 2 yg membentuk sperma 2
    kemudian sperma 1 dan sperma 2 jatuh ke bawah sampai ke mikrofil dan akan membentuk zigot
    di dlm mikrofil terdapat satu inti yg disebut mit0sis
    mitosis membelah mjd 2 melalui pembelahan meiosis
    lalu membelah lg mjd 4 dan disebut meiosis 2
    dan terakhir, 4 inti itu membelah mjd 8 inti

    proses pembentukan sel kelamin betina
    pada 8 inti yg terbentuk melalui pembelahan meiosis dan mitosis itu terbagi mjd beberapa bagian yaitu
    dlm mikrofil, 3 inti paling atas dsb sel2 antipoda
    2 inti yg ada ditengah dsb inti kandung lembaga sekunder
    dan ada 3 inti paling bawah, 2 yg ada di pinggir dsb sinergid dan 1 yg ada di tengah dsb ovum

    BalasHapus
  51. Monica Gabriella
    IX F

    Markisa

    Akar :
    Serabut atau akar samping dangkal, kuning kecoklatan.

    Batang:
    Bulat, kecil, langsing, panjangnya lebih dari 10-15 meter, batangnya merupakan terna merambat dengan bantuan sulur berbentuk spral atau berpilin, batangnya halus terkulai, berkayu kuat, tapi berumur pendek (5-7 tahun). Sulurnya aksilar, berpilin, bergulung lebih panjang dari daunnya. Tangkainya gundul, berakar dan berwarna hijau.

    Daun :
    Tunggal, berseling, tangkai silindris, panjang 10-15 cm, hijau, helaian daun bentuk jantung, ujung runcing, pangkal bertoreh membulat, lebar 8-15 cm, pertulangan menyirip, permukaan licin, hijau, punya stipula dan petiolus, stipula lanseotus panjang 1 cm, petiolus dengan panjang 2-5 cm, bagian atas beralur, memiliki 2 kelenjar bundar pada puncaknya. Daun muda tidak berlobus, selanjutnya jadi bentuk palmatus, dan tiga lobus, dasar daun kerdalus, lobus ovalus oblong, 10-15 cm x - 12-25 cm, akuminatus, tepinya bergerigigi dengan ujung berkelenjar.

    Buah :
    Buahnya setelah matang berwarna ungu gelap sampai cokelat tua. Rasanya agak masam. Buah yang masih muda berwarna hijau. Kulit buah agak tipis namun cukup kuat sehingga tahan terhadap pengangkutan. Berbentuk bulat atau ovoid agak lonjong atau oval. Berdiameter antara 5,0-5,5 cm dengan aroma wangi yang khas dan kuat sehingga cocok dijadikan bahan utama pembuatan sirup atau jus. Ukurannya 1-12 cm X 4-7 cm, eksokarp keras dan tipis, mesokarp kehijauan, endokarp putih. Dapat berbuah lebat, pembuahan berlangsung dua kali dalam setahun.

    Biji :
    Biji buah markisa berbentuk gepeng, berukuran kecil, dan berwarna hitam. Masing-masing biji terbungkus oleh selaput lender yang mengandung cairan yang berasa asam. Jaringan biji (pulp) mempunyai aroma khas markisa, berwarna kuning, dan berlendir. Biji markisa mengandung 0,3% zat kapur; 0,66% fosfor; 12,7% zat putih telur; 9,33% lemak; dan 59,2% serat kasar; serta 18,3% pati. Bijinya dapat digunakan untuk mengembangkan tanaman ini, namun cara yang paling sering digunakan adalah dengan menggunakan organ vegetatif yang berupa stek cabang atau batang.

    Tangkai :
    Gundul, berakar dan berwarna hijau.

    Bunga :
    Tunggal besar, berbentuk mangkok bintang, warna keunguan (ungu lembayung), baunya harum, berkelamin dua (hemafrodit). Memiliki 5 kelopak bunga dan 5 helai mahkota bunga, aksilar, indah, berdiameter 7,5 cm-10 cm, pedunkulus triangularis, panjang 2-5 cm, dekat apeks, berdaun tiga, braktea ovalus-oblong menjalar, bagian bawah kuning kehijauan, bagian atas putih, bagian tepi dengan lebih dari 4 kelenjar, apeks dengan bagian seperti 2, lima petal, bebas, putih dan berselang-seling, dengan lobus kalilis. Korong terdiri dari dua barisan terluar-berombak, benang tersebar, panjang 2-3cm berwarna putih dengan dasar ungu, dan tiga barisan lebih dalam berupa papilla pendek berujung ungu. Stamen berjumlah 5, filamen bersatu dalam pipa melingkar ginotor kira-kira 1 cm dan kemudian terbagi dengan luas 1 cm. Antena besar, ovarium ginotor, ovoid, satu lokular dengan tiga plasenta palietal. Stilus berjumlah 3, horizontal, klaratus, dengan alur longitudinal.

    BalasHapus
  52. Josephine Olivia
    IX F
    15


    Ciri-ciri Spermatophyta/tumbuhan berbiji:
    1.Makroskopis dengan ketinggian bervariasi
    2.Bentuk tubuh bevariasi
    3.Cara hidup fotoautotrof
    4.Habitatnya kebanyakan di darat tapi ada juga yg mengapung di air(teratai)
    5.mempunyai pembuluh xilem dan floem
    6.Reproduksi melalui penyerbukan(polinasi) dan pembuahan(fertilisasi)

    Tumbuhan biji dibedakan menjadi dua golongan yaitu:
    1.Tumbuhan berbiji terbuka(Gymnospermae)
    Ciri-ciri gymnospermae adalah tidak mempunyai bunga ejati, tidak ada mahkotanya. Bakal biji terdapat di luar permukaan dan tidak dilindungi oleh daun buah, merupakan tumbuhan heterospora yaitu menghasilkan dua jenis spora berlainan, megaspora membentuk gamet betina, sedangkan mikrospora menghasilkan serbuk sari, struktur reproduksi terbentuk di dalam strobilus.Dalam reproduksi terjadi pembuahan tunggal.

    Gymnospermae dibagi dalam empat kelompok yaitu pinophyta, cycadophyta, ginkgophyta dan gnetophyta.Manfaat gymnospermae yaitu untuk industri kertas dan korek api (Pinus dan Agathis), untuk obat-obatan (Pius,Ephedra,Juniperus),untuk makanan(Gnetum gnemn),tanaman hias(Thuja,Cupressus,Araucia)

    2.Angiospermae(tumbuhan berbiji tertutup)
    Ciri-ciri Angiospermae memiliki bakal biji atau biji yg tertutup oleh daun buah, mempunyai bunga sejati,umumnya tumbuhan berupa pohon,perdu,semak,liana,dan herba.Dalam reproduksi terjadi PEMBUAHAN GANDA. Angiospermae dibedakan menjadi dua yaitu Monocotyledoneae (berkeping satu) dan Dicotyledoneae (berkeping dua).

    PEMBUAHAN GANDA

    Secara umum peristiwa pembuahan dapat diartikan sebagai peleburan sperma dengan ovum yg menghasilkan ZIGOT.Pada tumbuhan, peristiwa pembuahan selalu didahului peristiwa penyerbukan.Tetapi peristiwa penyerbukan tidak selalu diikuti dengan pembuahan.

    Pembuahan yg terjadi pada tumbuhan tidak hanya peleburan sel sperma dan ovum,tetapi juga pembuahan inti kandung lembaga sekunder oleh sperma yg menghasilkan ENDOSPERMAE.Sehingga pembuahan tersebut bersifat ganda.

    PEMBUAHAN TUNGGAL
    terjadi pada tumbuhan biji terbuka(Gymnospermae). Prosesnya: serbuk sari ditetes di atas kepala putik,penyerbukan membentuk buluh serbuk sari menjulur bakal biji yang tidak ditutupi bakal buah,Generatif 1 dan 2 masing-masing membuahi inti sel telur jadi zygote.

    Misalnya ciri-ciri umum pada :
    1. Akar; Serabut atau akar samping dangkal, kuning kecoklatan.
    2. Batang; Bulat, kecil, langsing, panjangnya lebih dari 10-15 meter, batangnya merupakan terna merambat dengan bantuan sulur berbentuk spral atau berpilin, batangnya halus terkulai, berkayu kuat, tapi berumur pendek (5-7 tahun),Tangkainya gundul, berakar dan berwarna hijau.
    3. Daun;Tunggal, berseling, tangkai silindris, panjang 10-15 cm, hijau, helaian daun bentuk jantung, ujung runcing, pangkal bertoreh membulat, lebar 8-15 cm, pertulangan menyirip, permukaan licin, hijau, punya stipula dan petiolus, stipula lanseotus panjang 1 cm, petiolus dengan panjang 2-5 cm, bagian atas beralur, memiliki 2 kelenjar bundar pada puncaknya.
    4. Buah setelah matang berwarna ungu gelap sampai cokelat tua. Rasanya agak masam. Buah yang masih muda berwarna hijau. Kulit buah agak tipis namun cukup kuat sehingga tahan terhadap pengangkutan.
    5. Masing-masing biji terbungkus oleh selaput lender yang mengandung cairan yang berasa asam.
    6. Tangkai;Gundul, berakar dan berwarna hijau.
    7. Bunga memilki reseptakel, pediselus, calix, corola, stamen, pistilum.

    BalasHapus
  53. Winda Irawan
    IXA
    37

    Gymnospermae(tumbuhan berbiji terbuka)
    Ciri" gymnospermae tidak mempunyai bunga sejati,tidak ada mahkota bunganya,Bakal biji terdapat diluar peemukaan dan tidak dilindungi oleh daun buah,merupakan tumbuhan heterospora yaitu menghasilkandua jenis spora berlainan,megaspora membentuk gamet betina sedangkan mikrospora menghasilkan serbuk sari,struktus reproduksi terbentuk di dalam strobilus.Dalam reproduksi terjadi pembuahan tunggal.

    BalasHapus
  54. Nathania Sutandi 9E 26
    Tumbuhan Berbiji
    Ciri – ciri umum
    1. Struktur perkembangbiakan yang khas adalah biji yang dihasilkan bunga.
    2. Sperma atau sel kelamin jantan menuju kesel telur atau sel kelamin betina melalui tabung serbuk sari hanya terdapat pada tumbuhan berbiji.
    3. Jaringan merupakan saluran menghantar untuk mengangkut air, mineral, makanan dan bahan – bahan lain.
    4. Pada hakekatnya tumbuhan berbiji memiliki pigmen hijau (klorofil) yang oenting untuk fotosintesis yaitu suatu proses dasar pembuatan makanan pada tumbuhan.
    1. Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka)
    Subdivisi ini meliputi tumbuhan yang berupa semak atau pohon yang batangnya keras dan berkayu , tumbuhan biji terbuka biasanya bereproduksi vegetative secara alami. Daur hidup tumbuhan biji terbuka menunjukkan persamaan dengan tumbuhan paku heterospor.
    2. Angiospermae (Tumbuhan berbiji tertutup)
    Ciri – ciri sebagai berikut:
    a. Mempunyai bunga yang sesungguhnya
    b. Daun yang pipih , lebar dengan susunan tulang yang beraneka ragam
    c. Bakal biji atau biji tidak tampak karena terbungkus dalam suatu badan yang berasal dari daun buah, yaitu putik.
    d. Selisih waktu yang relative pendek antara penyerbukan dan pembuahan
    e. Mengalami pembuahan ganda.
    Contoh tanaman berbiji tertutup yang melakukan pembuahan ganda

    Tanaman Mangga

    Bentuk umum

    Kulit batangnya tebal dan kasar dengan banyak celah-celah kecil dan sisik-sisik bekas tangkai daun. Warna pepagan (kulit batang) yang sudah tua biasanya coklat keabuan, kelabu tua sampai hampir hitam.
    Mangga berakar tunggang yang bercabang-cabang, sangat panjang hingga bisa mencapai 6 m. Daun tunggal, dengan letak tersebar, tanpa daun penumpu. Panjang tangkai daun bervariasi dari 1,25-12,5 cm, bagian pangkalnya membesar dan pada sisi sebelah atas ada alurnya. Helai daun bervariasi namun kebanyakan berbentuk jorong sampai lanset, 2-10 × 8-40 cm, agak liat seperti kulit, hijau tua berkilap, berpangkal melancip dengan tepi daun bergelombang dan ujung meluncip, dengan 12-30 tulang daun sekunder.

    Bunga

    Berumah satu (monoecious), Bunga majemuk ini terdiri dari sumbu utama yang mempunyai banyak cabang utama. Ada kemungkinan cabang bunga kedua ini mempunyai suatu kelompok yang terdiri dari 3 bunga atau mempunyai cabang tiga. Setiap kelompok tiga bunga terdiri dari tiga kuntum bunga dan setiap kuntum bertangkai pendek dengan daun kecil. Bunga-bunga dalam karangan berkelamin campuran, ada yang jantan dan ada pula yang hermafrodit (berkelamin dua). Bunga jantan lebih banyak daripada bunga hermafrodit, dan jumlah bunga hermafrodit inilah yang menentukan terbentuknya buah. Bunga mangga biasanya bertangkai pendek, dan berbau harum. Kelopak bunga biasanya bertaju 5; demikian juga mahkota bunga terdiri dari 5 daun bunga, tetapi kadang-kadang ada yang 4 sampai 8. Benang sari berjumlah 5 buah.Benang sari yang subur biasanya hampir sama panjang dengan putik.Kepala putik berwarna kemerah-merahan dan akan berubah warna menjadi ungu pada waktu kepala sari membuka untuk memberi kesempatan kepada tepung sari yang telah dewasa untuk menyerbuki kepala putik. Bakal buahnya tidak bertangkai dan terdapat dalam suatu ruangan, serta terletak pada suatu piringan. Dalam suatu bunga kadang-kadang terdapat tiga bakal buah.

    Buah

    Buah mangga termasuk yang berdaging, dengan ukuran dan bentuk yang sangat berubah-ubah bergantung pada macamnya,Panjang buah kira-kira 2,5-30 cm. Kulit buah agak tebal berbintik-bintik kelenjar; hijau, kekuningan atau kemerahan bila masak. Biji berwarna putih, gepeng memanjang tertutup endokarp yang tebal, mengayu dan berserat. Biji ini terdiri dari dua keping; ada yang monoembrional dan ada pula yang poliembrional.

    BalasHapus
  55. Rossalyn Sarazes
    9e / 29

    Pada perkebunan salak skala besar, biasanya para petani akan mengambil bunga-bunga jantan salak kemudian diserbukkan di atas bunga-bunga betinanya yg berada pada tumbuhan berbeda, dg cara mengetuk-ketukan serbuk sari bunga di atas kepala putik bunga betina. Sebab, salak merupakan tumbuhan berumah dua (benang sari dan putik) berada pada tumbuhan yg berbeda. Bunga salak tidak bermahkota, posisi bunga terlindung daun sehingga untuk mempercepat terbentuknya buah, dan harus dengan bantuan manusia.

    Tumbuhan Spermatophyta memiliki kemampuan reproduksi secara seksual setelah tumbuhan ini mampu mengembangkan organ yg berupa bunga. Bunga merupakan alat reproduksi seksual karena didalam bunga terdapat alat reproduksi seksual yg berupa putik sg benang sari.

    Agar terjadi penyerbukan pada bunga, harus ada faktor yg membantu misalnya angin, air serangga, manusia. Karena itu, sangat masuk akal jika kemunculan serangga yg membantu penyerbukan. Tumbuhan berbunga dan serangga sampai sekarang tetap mendominasi bumi, sebab di antara mereka terjadi simbiosis mutualisme.

    Pada angiospermae setelah polinasi terjadi pembuahan ganda dg urutannya:
    1. pollen matang, anthera akan pecah maka keluar lah pollen itu dari anthera
    2. dengan brbagai perantara pollen menempel di atas kepala putik(stigma) masuk ke dalam buluh putik(stilus)
    3. pollen masuk ke stilus inti generatif membelah jadi 2 dengan 3 inti 3 yaitu 1 inti vegetatif dan 2 inti generatif(sperma 1 dan sperma 2)
    4. ketiga inti tsb menuju mikrofil
    5. inti generatif pertama membuahi sel telur menjadi zygote dan inti generatif 2 membuahi inti polar menjadi endospermae
    6. biji secara umum mengandung endosperm/cotyledon, 2 cotyledon pada dikotil dan 1 cotyledon pada monokotil. Pada dikotil di antara 2 cotyledon terdapat embrio. Sedangkan pada monokotyl embrio terdapat di dalam cotyledon.

    BalasHapus
  56. Nama=Catherine Lois
    Kelas=9A
    No=02

    Butir serbuk/serbuk sari menempel pada putik membentuk serbuk(2 inti,inti vegetatif dan inti generatif berjalan kearah mikrofil(pintu kandung lembaga)inti generatif membelah 2 inti sperma sampai di mikrofil,inti vegatatif mati 1,inti sperma membuahi sel telur embrio

    BalasHapus
  57. EUNIKE
    9E/12

    JERUK

    Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya.
    Sebutan "jeruk" kadang-kadang juga disematkan pada beberapa anggota marga lain yang masih berkerabat dalam suku yang sama, seperti kingkit. Dalam bahasa sehari-hari, penyebutan "jeruk" atau "limau" (di Sumatra dan Malaysia) seringkali berarti "jeruk keprok" atau "jeruk manis". Di Jawa, "limau" (atau "limo") berarti "jeruk nipis".
    Jeruk sangatlah beragam dan beberapa spesies dapat saling bersilangan dan menghasilkan hibrida antarspesies ('interspecific hybrid) yang memiliki karakter yang khas, yang berbeda dari spesies tetuanya. Keanekaragaman ini seringkali menyulitkan klasifikasi, penamaan dan pengenalan terhadap anggota-anggotanya, karena orang baru dapat melihat perbedaan setelah bunga atau buahnya muncul. Akibatnya tidak diketahui dengan jelas berapa banyak jenisnya. Penelitian-penelitian terakhir menunjukkan adalah keterkaitan kuat Citrus dengan genus Fortunella (kumkuat), Poncirus, serta Microcitrus dan Eremocitrus, sehingga ada kemungkinan dilakukan penggabungan. Citrus sendiri memiliki dua anakmarga (subgenus), yaitu Citrus dan Papeda.
    Asal jeruk adalah dari Asia Timur dan Asia Tenggara, membentuk sebuah busur yang membentang dari Jepang terus ke selatan hingga kemudian membelok ke barat ke arah India bagian timur. Jeruk manis dan sitrun (lemon) berasal dari Asia Timur, sedangkan jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk purut berasal dari Asia Tenggara.
    Banyak anggota jeruk yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, wewangian, maupun industri. Buah jeruk adalah sumber vitamin C dan wewangian/parfum penting. Daunnya juga digunakan sebagai rempah-rempah.
    pembuhannya melalui serangga.

    BalasHapus
  58. Nama: Christian Hofer
    Kelas : IXA
    Absen : 04

    Setelah sel spermatozoa dan ovum matang, maka dilanjutkan dengan proses pembuahan yg diawali dg penyerbukan. Zat gula pd kepala putik menyebabkan serbuk sari tumbuhan membentuk bulu serbuk sari. Pembuahan berlangsung 2x.
    1. Spermatozoa 1 membuahi ovummenghasilkan zigot
    2. Spermatozoa 2 membuahi kandung lembaga sekunder menghasilkan endospermae.

    BalasHapus
  59. Nama : Kristine Evitaloka
    Kelas : IX A
    Absen : 22

    Butir serbuk/serbuk sari menempel pada putik membentuk serbuk(2 inti,inti vegetatif dan inti generatif berjalan kearah mikrofil(pintu kandung lembaga)inti generatif membelah 2 inti sperma sampai di mikrofil,inti vegatatif mati 1,inti sperma membuahi sel telur embrio

    BalasHapus
  60. Nama : Maya Wijaya
    Kelas: IX G
    No : 24

    Tugas Biologi

    Didalam tumbuhan Angiospermae terjadi 2 kali pembuahan maka disebut pembuahan ganda.

    Tumbuhan berbiji ada 2 jenis :
    1. Tumbuhan biji Terbuka
    2. Tumbuhan biji Tertutup

    Satu inti sperma membuahi sel telur hingga menghasilkan embrio, sedangkan satu inti sperma lain membuahi inti kandung lembaga hingga menghasilkan Endospermae.

    Pembuahan ini disebut Pembuahan Ganda

    ciri-ciri tumbuhan biji :
    -bentuk berubah variasi
    -cara hidup fotoautotrof
    -punya pembuluh xilem dan floem
    -Berproduksi dengan poinasi dan fertilisasi

    BalasHapus
  61. Nama:Meyliani Aryani
    Kelas:IX G
    Absen:27

    buahb belimbing: berwarna kuning saat baru tumbuh berwarna hijau. jika dipotong buah ini mempunyai penampang yg berbentuk bintang.
    buah ini kaya akan vitamin c.
    pohon ini mempunyai daun majemuk.
    y panjangnya mencapai 5 cm.
    kulitnya mengkilap.bijinya berwana coklat yg ukurannya mencapai6mm.

    BalasHapus
  62. Melisa
    IXF
    21

    Tumbuhan biji terbagi atas 2 yaitu:
    1.Tumbuhan biji tertutup
    tumbuhan biji tertutup adalah tumbuhan yg
    bijinya terdapat pada bakal buah.
    2.Tumubuhan biji terbuka
    Tumbuhan biji terbuka adalah tumbuhan yang
    bijinya tidak tertutup oleh bakal buah.

    Contoh Tumbuhan Biji:
    1.Jeruk
    Jeruk adalah semua tumbuhan berbungga
    anggota titrus.anggotanya berbentuk pohon
    yang berdaging dengan rasa masam-manis yg
    segar.Jeruk sangat beragam dengan beberapa
    spesies dapat bersilangan dan menghasilkan
    hibrida antar spesies yang memiliki
    karakter yg khas,yang berbeda dari spesies
    tertua.Keanekaragaman ini terkadang
    menyulitkan klasifikasi penamaan dan
    pengenalan terhadap anggota-anggotanya.

    BalasHapus
  63. Gilbert Sterling Octavius
    IXC
    9
    Secara harfiah Gymnospermae berarti gym = telanjang dan spermae = tumbuhan yang menghasilkan biji. Jadi, Gymnospermae adalah tumbuhan yang memiliki biji terbuka.
    Tumbuhan kelompok Gymnospermae mempunyai ciri, yaitu :
    1.Bakal biji tidak terlindungi oleh daun buah.
    2.Berakar tunggang.
    3.Umumnya berupa pohon.
    4.Mempunyai akar, batang, dan daun sejati.
    Para ahli biologi menggolongkan Gymnospermae menjadi beberapa ordo dan divisio, yaitu :
    1.Cycadales divisio Cycadophyta, contoh pakis haji (Cycas rumphii)
    2.Ginkgoales divisio Ginkgophyta, contoh Ginkgo biloba
    3.Coniferales divisio Pinophyta, contoh pinus, cemara, dan damar
    4.Gnetales divisio Gnetophyta, contoh melinjo (Gnetum gnemon)

    Secara umum Gymnospermae bermanfaat bagi kehidupan manusia. Di antaranya sebagai berikut :
    1.Tanaman hias, misalnya cemara dan pakis haji.
    2.Bahan industri, cat, dan obat - obatan, misalnya damar.
    3.Bahan pembuat kertas dan korek api, misalnya pinus.
    4.Sayur - mayur, misalnya melinjo.
    Tumbuhan biji tertutup memiliki jumlah spesies lebih banyak dibandingkan dengan tumbuhan berbiji terbuka. Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) berasal dari kata angio = bunga dan spermae = tumbuhan berbiji. Tumbuhan ini memiliki bunga yang sesungguhnya yang terdiri dari mahkota bunga, kelopak bunga, putik, dan benang sari.
    Secara umum, tumbuhan berbiji tertutup memiliki ciri yang sama dengan tumbuhan berbiji terbuka. Keunikan tumbuhan berbiji tertutup terletak pada bijinya yang tersusun oleh keping lembaga (kotyledon). Keping lembaga pada tumbuhan berbiji tertutup membentuk dua kelompok tumbuhan, yaitu tumbuhan berbiji tunggal (Monocotyledonae) dan tumbuhan berbiji berkeping dua (Dicotyledonae).

    Contoh tanaman berbiji : Pisang
    Klasifikasi Pisang
    Divisi : Spermatophyta
    Sub Divisi : Angiospermae
    Kelas : Monocotyledonae
    Keluarga : Musaceae
    Genus : Musa
    Species : Musa spp
    Ciri - ciri dari famili pisang-pisangan adalah :
    1)Batangnya bercabang semu karena tersusun oleh beberapa pelepah daun yang saling membungkus,
    2)bertulangan daun sejajar sehingga mudah sobek, dan
    3)Memiliki barisan bunga yang banyak.
    Contohnya, pisang (Musa paradisiaca) dan pisang kipas (Musa madagaskariensis)

    Manfaat Tanaman
    Pisang adalah buah yang sangat bergizi yang merupakan sumber vitamin, mineral dan juga karbohidrat. Pisang dijadikan buah meja, sale pisang, pure pisang dan tepung pisang. Kulit pisang dapat dimanfaatkan untuk membuat cuka melalui proses fermentasi alkohol dan asam cuka. Daun pisang dipakai sebagi pembungkus berbagai macam makanan trandisional Indonesia.
    Batang pisang abaca diolah menjadi serat untuk pakaian, kertas dsb. Batang pisang yang telah dipotong kecil dan daun pisang dapat dijadikan makanan ternak ruminansia (domba, kambing) pada saat musim kemarau dimana rumput tidak/kurang tersedia.
    Secara tradisional, air umbi batang pisang kepok dimanfaatkan sebagai obat disentri dan pendarahan usus besar sedangkan air batang pisang digunakan sebagai obat sakit kencing dan penawar racun.
    Adapun manfaat dan kegunaan dari famili ini adalah penghasil buah-buahan dan untuk tanaman hias. Selain itu, daunnya dapat digunakan untuk pembungkus makanan, jantung pisang dapat digunakan sebagai sayur atau lalap, dan batangnya digunakan untuk pertunjukan wayang.

    BalasHapus
  64. Nama :Jestin
    Kelas :IXC
    Absen :14


    Tumbuhan berbiji terdiri ada 2 macam:
    -Tumbuhan berbiji terbuka(Gymnospermae)
    -Tumbuhan berbiji tertutup(Angiospermae)


    Tumbuhan berbiji terbuka(Gymnospermae)
    Tumbuhan yg bijinya tidak tertutup oleh bakal buah.
    Kelompok tumbuhan berbiji yg bijinya tdk terlindung dalam bakal buah(ovarium).
    Pada Gymnospermae,biji terekspos langsung/terletak di antara daun-daun penyusun strobilus/runjung.Gymnospermae hidup di bumi sejak periode devon(410-360 juta tahun yg lalu)
    Gymnospermae byk dwakili oleh kelompok yg punah:
    -Pteridospermophyta(paku biji)
    -Bennettophyta
    -Cordaitophyta
    Pemisahan anatar tumbuhan berbiji terbuka dg berbiji tertutup akan menyebabkan pemisahan yg parafiletik.Tumbuhan

    Tumbuhan berbiji tertutup(Angiospermae)
    Tumbuhan berbiji tertutup adalah tumbuhan yg bijinya terdapat pd bakal buah
    Ciri-ciri memiliki bakal biji/biji yg tertutup oleh daun buah,umumnya berupa liana,perdu,herba,pohon,semak,mempunyai bunga sejati.Angiospermae dibedakan menjadi 2:
    -Dicotyledoneae(berkeping dua)
    -Monocotyledoneae berkeping satu)

    BalasHapus
  65. Meyliana aryani
    IX F
    22
    Tumbuhan berbiji terbagi atas dua, tumbuhan biji tertutup dan tumbuhan biji terbuka. Tumbuhan biji tertutup adl tumbuhan yang bijinya terdapat di bakal buah . alat perkembangbiakan tumbuhan biji terbuka berbentuk kerucut yg dsbt strobilus atau rujung, alat kelamin nya terpisah , serbuk sari trdpt dlm strolibus jantan dan sel telur trdpt dlm strobilus betina Tumbuhan Berbiji tertutup memiliki bunga sejati . dan alat perkembangbiakanya berupa putik dan benang sari

    BalasHapus